Tren Batik 2013

Batik kini sudah menjadi lifestyle. Batik menjadi tren tersendiri dalam dunia fashion sejak dikukuhkannya batik sebagai warisan asli budaya Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 02 Oktober 2009. Jika dulu batik dianggap tua, kuno, dan hanya dipakai pada acara-acara tertentu saja, kini tidak lagi. Desain batik yang semakin kreatif dan inovatif dari tahun ke tahun membuat batik semakin digemari, tak hanya di kalangan orang tua saja, namun juga remaja bahkan anak-anak. Selain itu, kini batik tak hanya dipakai pada acara-acara formal saja, namun juga sering dipakai untuk acara non-formal, seperti kuliah, hang-out, dll.

Banyak pilihan yang bisa dipilih ketika membeli batik, karena batik hadir dengan berbagai style, mulai dari warnanya, motif batiknya dan tak ketinggalan material yang digunakan. Hal ini tidak terlepas dari peran para desainer dan pengrajin batik. Merekalah yang menciptakan batik dengan berbagai style sehingga batik menjadi tren.

Di awal tahun 2013 ini, accdiy.com mencoba memberikan tren batik 2013. Dilihat dari desain yang kreatif dan inovatif, inilah Tren Batik 2013.

1). Batik on Denim
Batik on Denim by Lazuli Sarae
Batik on Denim by Lazuli Sarae | image © Lazuli Sarae

Batik on Denim hadir dengan menggabungkan kultur tradisional dan modern dengan melakukan proses pembatikan pada bahan denim sehingga menghasilkan varian baru, yaitu denim dengan motif batik. Adalah Lazuli Sarae, brand dari Bandung dengan desainer anak muda yang menggabungkan batik sebagai budaya tradisional Indonesia dengan Denim sebagai bahan representasi era modern. Batik on denim merupakan batik yang kreatif dan inovatif, karena jika biasanya batik menggunakan material katun, sutera, dll, batik on denim ini hadir memberikan tren baru dalam berbatik.

2). Batik Colorful
Batik Kavi Colorful Indonesia
Batik Kavi Colorful Indonesia | image © Kavi Indonesia

Selain dari segi material, tren batik juga dipengaruhi oleh warna-warna yang colorful dan ceria. Dengan warna yang colorful membuat batik tampil lebih muda, sehingga sangat cocok untuk dikenakan dalam keseharian anak muda Indonesia. Salah satu desainer yang berperan dalam menciptakan tren batik yang colorful ini adalah Kavita Anggraini dengan brand Kavi Indonesia. Kavi mengaplikasikan minimal 2 warna dengan warna yang kontras dalam setiap desain baju batiknya, misalnya hijau dengan ungu, merah dengan kuning, dll.

3). Batik Warna Alam

Batik Warna Alam by Creative Kanawida
Batik Warna Alam by Creative Kanawida | image © Kanawida Natural Dyed Batik

Selain warna-warna yang colorful, tren batik juga dihiasi dengan warna alam. Warna alam pada batik di sini maksudnya adalah batik dengan pewarna alami yang diambil dari pohon-pohon tropis seperti daun mangga, daun jambu, kayu nangka, kayu mahoni, kulit rambutan, kulit manggis, kunyit, gambir, indigo, secang, dll. Dari pewarna-pewarna alami tersebut mampu menghasilkan batik dengan warna-warna alam seperti hijau, cokelat, krem, abu-abu, ungu, kuning, orange, merah, dll.

Salah satu yang berperan dalam menciptakan tren batik dengan pewarna alami adalah Creative Kanawida, yaitu komunitas sadar lingkungan. Creavive Kanawida digagas oleh Ibu Sancaya Rini. Batik dengan pewarna alami ini bisa dibilang juga dengan batik yang ramah lingkungan, karena limbah dari pewarna alami tidak akan mencemari lingkungan. Dalam menciptakan tren batik dengan pewarna alami, Creative Kanawida menggunakan material seperti sutera, katun, serat nanas dan wol. Hal ini dikarenakan pewarna alami hanya mampu terserap pada material yang terbuat dari serat alam.

4). Batik Fractal dengan Motif Kontemporer

Batik Fractal - Motif Batik Software JBatik
Batik Fractal - Motif Batik dengan Software JBatik | image © Batik Fractal

Tak hanya material denim, warna colorful dan warna alami saja yang akan menjadi tren, karena tren batik juga dipengaruhi oleh motif. Salah satu motif batik yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan adalah batik fractal dengan motif kontemporer. Motif batik fractal ini dihasilkan dan didesain dengan sebuah software komputer bernama JBatik. Software JBatik sudah dimanfaatkan oleh sekitar 700 perajin batik di Indonesia.

5). Batik Kreatif | Buat Motif Batik Tulismu Sendiri Semau Kreativitas Kamu
Tren Batik 2013 - Batik Kreatif by Legi Culture
Batik Kreatif | Bikin Baju Batik Tulis Semau Kreativitas Kamu | image © Legi Culture

Tren batik 2013 yang lain adalah batik kreatif, yaitu batik yang motifnya didesain sendiri oleh pemakainya. Selain mengasah kreativitas, batik kreatif dengan motif original yang kreatif tersebut hanya akan dimiliki oleh pembuat motif saja, jadi batik akan terkesan unik dan eksklusif. Tertarik untuk membuat batik dengan motif batik hasil kreativitasmu, tapi tidak bisa membatik sendiri? Sekarang kamu bisa membuat baju batik tulis dengan motif semau kreativitas kamu, bisa pilih warna, bisa pilih ukuran, hanya di Legi Culture.

Itulah beberapa batik yang akan menjadi tren batik 2013 ala accdiy.com.



1 komentar:

Hello... Thanks for reading and your sweet comments...:-)

Sharing is Caring

 

Twitter

Fanpage