DIY – Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic

DIY Tutorial Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic yang dibuat dari kertas bekas dan kain perca ini sebenarnya merupakan DIY project sekitar satu tahun yang lalu, namun baru kami posting sekarang. Watermark http://satu-januari.blogspot.com/ merupakan alamat blog kami sebelum berganti menjadi www.accdiy.com. Semoga bermanfaat, selamat menyimak dan selamat mencoba ya. Salam DIY...:)

Kamu punya kertas bekas di rumah? Biasanya kamu apain kertas bekas tersebut? Haahhh... dibuang gitu aja? JANGAANNN...!!! Bikin global warming tau...:(. Dibakar juga bikin polusi udara. Kalau dijual di Bank Sampah nggak apa-apa sih, toh Bank Sampah juga merupakan program yang mendukung aksi Go Green kan. Tapi... kalau kamu punya waktu luang dan ingin mengasah kreativitas, kamu bisa manfaatin kertas bekas tersebut sendiri lho. Jika kebanyakkan tutorial membuat kerajinan kertas bekas dengan teknik pilin, bubur kertas, teknik lipat dan sebagainya, maka kali ini kami mau bikin kerajinan kertas bekas dengan teknik yang berbeda, yaitu teknik tempel lembaran bertekstur (hehehe... membuat nama teknik sendiri). Mau tau gimana? Yuukk... bikin elemen dekoratif Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic untuk ruang tamu ethnic mu...:) Seperti ini ni...

Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic
Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic

Vas
Alat dan Bahan yang diperlukan:
1). Kertas bekas (Bisa koran bekas, kertas bekas salah cetak/print. Kalau accdiy.com sih pakai kertas bekas revisian skripsi yang dicorat-coret dosen... hehe)
2). Lem Putih dan Cat Acrylic warna coklat kayu
3). Piring ceper untuk cetakan vas (Kalau ada lebih baik gunakan dari bahan plastik)
4). Kuas, gunting dan pensil
5). Cat (Pylox)clear untuk finishing.

Alat dan Bahan - Kertas Bekas, Lem Putih, Cat Acrylic, Piring Cetakan, Kuas, Gunting dan Pylox Clear
Alat dan Bahan - Kertas Bekas, Lem Putih, Cat Acrylic, Piring Cetakan, Kuas, Gunting dan Pylox Clear

Cara Membuat

Step 1

Step 1 CM Membuat Kertas Tekstur
1). Ambil kertas bekas secukupnya. Lalu remas-remas kertas tersebut hingga menjadi bertekstur, karena itulah nantinya yang akan menjadi salah satu letak seni-nya.

Step 2

Step 2 CM Beri Lem pada Cetakan Piring
2). Siapkan piring ceper untuk cetakan. Olesi permukaan piring dengan lem putih menggunakan kuas sampai rata. Kemudian tempelkan kertas yang sudah di-tekstur dan lekatkan sampai terlem merata.

Step 3

Step 3 CM Lem Kertas pada Cetakan
3). Olesi lagi permukaan kertas pertama dengan lem, lalu tempelkan lagi kertas yang sudah di-tekstur. Ulangi langkah ini sampai kira-kira 8 kali (sampai dirasa tingkat kekakuan sudah terbentuk). Sesudah selesai, gunting pinggiran kertas sesuai dengan bentuk cetakan agar rapi. Lalu olesi permukaan kertas dengan lem putih. Setelah itu jemur di bawah terik matahari sampai kering betul.

Step 4

Step 4 CM Buat Motif Kawung untuk Kesan Ethnic
4). Sembari menunggu kering, buat motif untuk menambah daya seni. Karena tema kali ini adalah Ethnic, maka motif yang aku buat adalah motif kawung agar seperti motif batik yang Ethnic. Untuk ukuran bebas, bisa disesuaikan dengan besar kecilnya cetakan. Setelah gambar motif selesai, lalu remas-remas seperti langkah pertama agar kertas bertekstur.

Step 5

Step 5 CM Gunting Motif Kawung
5). Kemudian gunting motif kawung tersebut sesuai dengan pola.

Step 6

Step 6 CM Lepas Vas Bunga dari Cetakan
6). Kembali pada cetakan, setelah kering lepas kertas yang sudah terbentuk dan kaku dari cetakannya. Jika bagian bawah dirasa kurang kaku atau kurang tebal, boleh ditambahkan (dilem) kertas karton yang polanya mengikuti pola bagian bawah dari cetakan. Setelah itu lapisi lagi dengan kertas yang sudah di-tekstur agar rapi. Olesi pemukaannya dengan lem dan jemur lagi di bawah terik matahari.

Step 7

Step 7 CM Tempelkan Motif Kawung
7). Setelah kering, waktunya kita menghias permukaannya dengan motif kawung yang sudah kita buat tadi. Buat sebuah titik center pada vas ceper. Kemudian tempelkan motif kawung satu per satu hingga sesuai dengan selera kamu.

Step 8

Step 8 Cat dengan Cat Acrylic
8). Cat permukaan vas (bagian depan dan belakang) dengan cat Acrylic. Untuk pengecatan pertama cukup dengan menggunakan sedikit cat pada kuas dan ratakan. Baru kemudian untuk motif kawung dan pinggirannya ditebalkan. Pengecatan memang sengaja tidak merata, karena justru di situlah letak seninya.

Step 8 CM Cat Motif Kawung dengan Cat Acrylic
8). Detail Cat Motif Kawung dengan Cat Acrylic

Step 9

Step 9 CM Semprot dengan Pylox Clear untuk Finishing
9). Tunggu sampai kering, kemudian semprot dengan Pylox Clear untuk finishingnya.

Cara Membuat Hiasan

Hiasan Permen
1). Hiasan Permen Batik – Alat dan Bahan: Gunting, Kain batik perca, Lem UHU, dan Gulungan kertas. Cara Membuat : Gulung kertas (ukuran sesuai selera kamu) hingga ketebalan yang kamu inginkan. Lalu bungkus dengan kain batik perca seperti kita membungkus permen. Beri lem UHU supaya melekat dan bentuknya sempurna. Jadi deh...:)

Hiasan Bunga Batik, Daun Daunan, Benang Wol Merah dan Kartu Nama
2). Daun-daunan, Benang wol merah (untuk sarang pemen) dan Bunga batik. Untuk hiasan bunga batiknya kamu bisa mencari tutorialnya sendiri di internet  ya...:) Dulu kami juga otodidak nggak pakai tutorial, cuma mengamat-amati, mengimajinasikannya dan kemudian mempraktekannya.

Waktunya Menata-nata...:)
Kalau semuanya sudah selesai, berarti siap untuk ditata dalam vas. Kamu bisa menatanya seperti ini atau sesuai dengan taste kamu.

Menata Vas Bunga Batik
Menata Bunga Batik pada Vas

Menata Vas Bunga Batik dan Hiasan Permen
Menata Vas dengan Bunga Batik dan Hiasan Permen

Menata Vas Bunga Batik, Hiasan Permen dan Kartu Nama
Menata Vas dengan Bunga Batik, Hiasan Permen dan Kartu Nama

Menata Vas Bunga Batik, Hiasan Permen dan Kartu Nama
Menata Vas Bunga Batik, Hiasan Permen dan Kartu Nama

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya seperti ini:
1). Kenapa dipilih kain perca batik? Karena element decorative ini bertema Ethnic, jadi kain batik diperlukan untuk mendukung tema Ethnic tersebut.
2). Kenapa benang wol warna merah? Karena menurut sumber yang kami dapatkan, warna merah merupakan salah satu warna Ethnic selain kuning, coklat, biru dan hijau ethnic.
3). Kenapa hiasannya bunga batik, permen dan ada kartu nama dalam penataannya? Karena element decorative ini untuk ruang tamu, maka biasanya yang ada di meja ruang tamu adalah bunga. Sedangkan permen disimbolkan sebagai salah satu makanan kecil untuk suguhan tamu. Kartu nama dimaksudkan bagi kamu yang punya bisnis atau lainnya bisa diletakkan pada space yang kosong agar tamu kamu bisa mengambil dan mengetahui bisnis kamu...:) Jika ingin dibiarkan kosong juga ga apa-apa karena motif kawungnya akan bisa terlihat.

Sekian DIY Tutorial Vas Bunga Unik Bergaya Ethnic dari accdiy.com... Semoga bermanfaat ya...:)

Selamat mencoba...!!!

Terima Kasih...:)


2 komentar:

Hello... Thanks for reading and your sweet comments...:-)

Sharing is Caring

 

Twitter

Fanpage