Desain Interior dan Warna Pada Kamar Anak

Desain Interior dan Warna Pada Kamar Anak – Mendesain kamar anak bisa jadi merupakan sebuah kegiatan yang menantang sekaligus menyenangkan bagi orang tua. Orang tua tentunya sangat menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Hal ini salah satunya bisa ditunjukkan dengan cara memberikan desain interior dan warna yang sesuai untuk kamar anak-anaknya. Ini bukanlah suatu yang berlebihan jika menghabiskan dana yang cukup besar hanya untuk mendesain kamar anak yang nantinya jika sudah remaja atau dewasa sudah tidak sesuai lagi dengan usianya. Akan tetapi hal ini cukup penting untuk perkembangan si anak. Pasalnya desain interior dan warna pada kamar mampu memberikan pengaruh pada tumbuh kembang anak-anak. Bayangkan jika kamar anak berantakan dan warnanya asal-asalan, otomatis ini dapat mempengaruhi jiwa, karakter dan perkembangan dari anak yang menghuni kamar tersebut. Kemudian bayangkan pula jika kamar anak rapi, bersih, warnanya sesuai dengan karakternya, pasti hal ini akan berpengaruh positif dalam jiwa, karakter dan perkembangan anak tersebut.

Selain desain interior, salah satu faktor yang bisa berpengaruh terhadap perkembangan anak-anak adalah warna pada kamar anak. Warna tidak hanya memiliki karakter saja namun juga mengandung arti warna. Dengan mengetahui karakter dan makna sebuah warna, setidaknya ini menjadi pedoman bagi setiap orang untuk memilih warna kesukaan mereka yang bisa disesuaikan dengan kepribadian masing-masing.

Warna juga turut mempengaruhi psikologi setiap anak. Di usia dini, para orang tua berusaha menghadirkan keseimbangan warna dalam kamar anak-anak mereka. Anak dengan karakter feminim, maskulin, semuanya memiliki psikologi warna yang berbeda-beda. Namun bukan berarti orang tua harus memaksakan keinginan perihal warna untuk anaknya. Jalan terbaik adalah komunikasikan dengan sang anak, agar anak pun dapat memahami arti dari sebuah warna dan manfaatnya untuk perkembangan mereka.

Saat ini masih banyak orang tua yang mendesain kamar anak dengan asal-asalan. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pendidikan tentang desain interior dan warna yang tidak diperoleh secara langsung pada waktu mereka mengenyam pendidikan yang tidak berkaitan dengan jurusan tersebut. Bagi orang tua yang berada, mungkin mereka akan dengan mudahnya menyewa jasa seorang interior designer. Sehingga tidak perlu sulit-sulit memikirkannya, karena diserahkan langsung kepada ahlinya, tinggal mengkonsultasikan apa yang menjadi keinginan orang tua dan anak. Tinggal menunggu hasil dan jadilah kamar anak dengan desain interior sesuai dengan keinginan. Tetapi jika Anda sebagai orang tua ingin mendesain kamar anak tanpa menggunakan jasa interior designer, Anda bisa mencari inspirasinya melalui buku atau internet. Dan berikut kami sajikan beberapa inspirasi desain interior dan warna pada kamar anak.

Feminine Style: Desain Interior Kamar Anak Perempuan

Desain Interior Kamar Anak Feminine Nuansa Pink Hijau - Girl Bedroom
Warna putih mungkin bukan warna yang paling menarik untuk kamar anak, tetapi hal ini dapat diakali dengan menambah aksen warna pink yang dipadupadankan dengan warna hijau dan berbagai aksesori untuk memperindah ruangan, seperti lampu lampion hijau yang bergaya Asia (Asian style) kemudian ditambah wall art atau lukisan bunga pada dinding yang menambah kesan feminin pada ruangan kamar anak perempuan. Warna pink mempunyai arti positif : feminim, manis, sehat, bahagia, suka melucu dan rasa kasihan. Sedangkan warna hijau mempunyai arti positif : kesuburan, kesegaran dan pertumbuhan. Aksen warna hijau pada ruangan tersebut mampu menyegarkan dan dikenal mampu memperkuat rasa percaya diri serta menunjukkan harapan dan juga mencerahkan suasana hati.

Desain Interior Kamar Anak Nuansa Pink Feminine - Pink Feminine Bedroom
Warna pink memang identik dengan kesan feminin pada anak perempuan. Ditambah dengan lukisan kartun bertema perempuan yang diletakkan pada dinding semakin menambang kesan feminin pada kamar tidur anak. Aksen warna kuning pada kamar tersebut diharapkan mampu menyumbang makna positif seperti kreativitas, energi, cerdas, dan perasaan bahagia.

Desain Interior Nuansa Ungu Kuning pada Kamar Anak - Purple Yellow Children Bedroom
Kamar ini didesain untuk dua anak dengan tempat tidur tingkat. Tangga untuk menuju tempat tidur atas didesain sebagai tempat penyimpanan atau storage juga. Nuansa ungu menciptakan perasaan damai. Sangat cocok digunakan sebagai warna kamar tidur anak perempuan. Sedangkan nuansa kuning pada kamar tersebut mampu mendorong daya kreativitas, kecerdasan, dan perasaan bahagia.

Desain Interior Kamar Anak dengan Floral Wall Art
Floral wall art berwarna orange mengesankan bahwa penghuni kamar tersebut memiliki jiwa seni dan kreativitas. Aksen warna hijau pada dinding mampu menyegarkan dan memperkuat rasa percaya diri dalam berkreativitas serta menunjukkan harapan dan juga mencerahkan suasana hati ketika si anak sedang berkarya. Aksen warna kuning pada lemari dan storage akan mendorong kreativitas, kecerdasan dan perasaan bahagia ketika anak berkarya dalam ruangan tersebut.

Desain Interior Kamar Anak bergaya Kantor - Children Bedroom Office
Waw... ini menarik. Tempat tidur didesain di atas dengan tangga yang juga berfungsi sebagai storage. Di bawah kolong tempat tidur digunakan sebagai tempat belajar anak yang juga terkesan seperti tempat kerja di kantor. Desain interior seperti ini cocok untuk anak Anda yang bercita-cita menjadi wanita karier. Aksen warna biru lembut pada kamar tersebut merefleksikan perdamaian, kebijaksanaan dan keyakinan. Sedangkan warna hijau menciptakan lingkungan yang santai, melambangkan alam, keseimbangan, harmoni dan positif.

Desain Interior Modern untuk Kamar Anak - Modern Kids Bedroom
Desain interior bergaya modern ini cocok untuk anak Anda yang memiliki jiwa dan kepribadian yang modern. Makna positif dibalik warna orange adalah kehangatan, kepercayaan, keakraban, keberanian dan keramahan.

Masculine Style: Desain Interior Kamar Anak Laki-Laki

Desain Interior Kamar untuk Hobi Musik - Sophisticated Boys Room
Anak laki-laki identik dengan hobi bermusik. Hobi bermusik tersebut dapat diterapkan dalam desain interior pada kamar anak laki-laki, misalnya dengan menambah aksen lukisan gitar pada dinding dan menempatkan gitar sebagai elemen interior ketika tidak dipakai. Aksen warna biru mampu menyumbang ketenangan dan kedamaian ketika si anak sedang bermusik di kamarnya. Warna biru juga mempunyai arti mencintai, sehingga jika dilihat dalam konteks desain ini melambangkan si anak yang mencintai hobi bermusiknya. Salah satu arti dari aksen warna hijau adalah pertumbuhan, sehingga diharapkan mampu mempengaruhi pertumbuhan si anak, baik pertumbuhan hobi bermusiknya ataupun dalam hal yang lain.

Desain Interior Kamar Anak Laki-Laki tema Musik Gitar
Masih dengan tema hobi bermusik. Aksen lukisan gitar merefleksikan hobi bermusik. Ada piano kecil yang bisa dipakai sebagai elemen interior untuk menguatkan kesan hobi bermusik tersbut. Seperti penjelasan di atas, warna biru diartikan sebuah kecintaan pada bermusik dan warna kuning sebagai penambah kreativitas dan rasa bahagia dalam bermusik.

Desain Interior Kamar Anak Maskulin - Masculine Boys Bedroom
Masih dengan warna biru. Kamar ini didesain untuk anak laki-laki yang mencintai atau mempunyai hobi atau ketertarikan pada dunia otomotif. Dengan aksen lukisan bergambar mobil dan vespa serta tempat tidur yang memakai roda atau wheel semakin menguatkan ketertarikan pada dunia otomotif tersebut. Jika anak Anda mempunyai ketertarikan terhadap dunia otomotif, Anda bisa menerapkan desain seperti ini pada kamar anak Anda.

Desain Interior Kamar Anak dengan Perpustakaan untuk Hobi Membaca - Library theme Children Bedroom
Biru dan hijau memang identik dengan warna maskulin. Desain interior pada kamar ini bisa Anda terapkan untuk anak Anda yang mempunyai hobi membaca dan menulis. Rak panel penyimpanan buku didesain seperti yang ada di perpustakaan, namun dengan gaya yang lebih fresh ala anak-anak. Jika anak Anda perempuan dan menginginkan desain seperti ini tinggal mengganti warna yang sesuai dengan karakter anak perempuan Anda.

Desain Interior Kamar Anak Nuansa Game - Pac Man Theme Bedroom
Anak laki-laki memang biasanya sangat suka sekali dengan yang namanya game. Jangan pernah melarang hobi anak Anda yang suka bermain game, karena semakin dilarang si anak akan semakin mendekatkan diri pada game. Ganti kalimat larangan Anda dengan kalimat arahan yang bisa mengarahkan hobi bermain game anak Anda ke arah yang positif. Siapa sangka suatu saat nanti anak Anda yang suka bermain game akan menjadi pembuat game yang nilai jualnya mahal. Spirit positif tersebut bisa Anda terapkan pada tema desain interior pada kamar anak, yaitu dengan menambahkan unsur-unsur karakter dalam sebuah game pada elemen interior. Seperti contoh di atas menambahkan karakter pac man pada kamar anak.

Desain Interior Kamar Laki-Laki - Boxing theme Bedroom
Selain dunia musik, otomotif, hobi membaca menulis dan bermain game, anak laki-laki juga mempunyai ketertarikan dengan dunia olahraga. Apapun ketertarikan anak Anda dalam dunia olahraga dapat diterapkan ke dalam interior kamar anak Anda. Seperti interior kamar di atas yang menggambarkan anak laki-laki yang mempunyai ketertarikan dengan dunia boxing atau tinju.

Itulah beberapa inspirasi Desain Interior dan Warna Pada Kamar Anak perempuan dan laki-laki.

Source:
All images by Home Designing
Arti Warna by Anne Ahira, Ghiboo dan Fiqhislam
Text by www.accdiy.com
 
Semoga artikel tentang inspirasi Desain Interior dan Warna pada Kamar Anak perempuan dan laki-laki ini dapat bermanfaat untuk para pembaca.
 
Terima kasih...:)

3 komentar:

  1. Aku suka desaignnya lho,,,Mantap :)

    ReplyDelete
  2. Akhirnya nemu juga. Lagi cari design buat kamar si kecil. Saya pilih gambar no.26 Tapi mungkin dominan hijaunya diganti sama pink muda dan birunya pake biru langit.
    Thank's informasinya, berguna banget.

    ReplyDelete

Hello... Thanks for reading and your sweet comments...:-)

Sharing is Caring

 

Twitter

Fanpage